Tips Mempercantik Parquet Dinding di Rumah Paling Mudah

Penggunaan parquet dinding bisa memberikan nuansa tersendiri untuk desain rumah. Karena lantai kayu parquet itu bila dirawat dengan baik mampu bertahan hingga beberapa tahun lamanya tanpa terjadi bengkok ataupun kerusakan lainnya. Maka dari itu dilihat dari manapun kayu parquet merupakan pilihan terbaik untuk mempercantik dinding rumah.

Anda hanya perlu membersihkan seperti biasa menggunakan kemoceng supaya membuatnya tetap terjaga, terawat, dan bersih. Adapun untuk mempercantik parquet itu bisa dilakukan menggunakan berbagai macam cara. Salah satunya memakai sabun khusus untuk menciptakan dinding rumah bergaya Scandinavian. Dengan begitu Anda bisa menciptakan hasil putih di dinding kayu ini.

Untuk mencerahkan warnanya, Anda bisa memanfaatkan larutan alkali khusus pada dinding kayu yang telah diampelas. Sehingga warna gelapnya hilang dan berubah menjadi cerah. Selanjutnya pakailah sabun kayu yang warnanya putih untuk membuat warna dinding tidak mudah pudar. Lebih detailnya simak 7 tips ini supaya dinding parquet tetap terawat dan cantik:

Cat Parquet Dinding Berwarna Putih

Dinding kayu yang diberi warna putih tentunya membutuhkan pencahayaan lebih di dalamnya. Dinding parquet yang dicat warna putih bisa menciptakan gaya kontemporer dalam rumah kuno, dengan catatan kondisi kayunya harus using dan sudah tua. Maka dari itu jika Anda ingin menciptakan nuansa desain rumah kontemporer, maka warna putih bisa menjadi solusinya.

Meskipun sebagian orang beranggapan jika warna dinding yang putih sangat merepotkan karena mudah kotor, tetapi kesan yang diberikan pada rumah sangat baik. Rumah akan terlihat lebih terang karena cahaya memantul di dinding yang putih.

Pilih Warna Netral agar Elegan

Tidak hanya berwarna putih saja, Anda juga bisa mengecat warna abu-abu pada dinding parquet di rumah. Bila Anda merasa warna hitam itu terlalu gelap untuk ruangan di rumah, sedangkan putih terlihat begitu terang, maka solusinya adalah pilihlah parquet dinding yang netral. Anda bisa memilih biru pucat atau abu-abu supaya terlihat elegan.

Pernish Parket Dinding

Untuk mempercantik dinding parquet, cobalah untuk mempernishnya saja. Sehingga hasil pemakaian dinding kayu ini terlihat lebih mulus, halus, dan awet tahan lama. Karena umumnya setiap pernis itu mengandung polyurethane yang berguna untuk melapisi kayu supaya lebih awet dan tahan air.

Finishing Memakai Wax

Bagi pecinta parquet dinding berkonsep tradisional Anda bisa mengubah penampilannya menjadi sedikit lebih tua. Anda bisa memanfaatkan hard wax yang berasal dari campuran minyak natural untuk membuat kayu lebih terlindungi teksturnya. Sehingga hasilnya bila diaplikasikan pada dinding parquet akan terlihat lebih muda, satin, glossy, dan matte.

Pilih Warna Gelap

Untuk mempercantik dinding parquet, Anda bisa memilih warna gelap. Sehingga tekstur dinding parquet bisa terlihat lebih tegas. Caranya nodai dinding kayu dengan campuran beberapa warna. Sehingga Anda bisa mendapatkan warna yang tepat sesuai keinginan. Selanjutnya diamkan sampai kering semalaman, barulah lapisi parquet dinding dengan 3 lapisan pernis.

Buat Dinding Bergaya Vintage

Jika Anda mulai bosan dengan dinding kayu di rumah yang terlihat begitu saja namun masih terlihat bagus, cobalah untuk menciptakan goresan. Karena dengan membuat goresan pada kayu inilah akan menghasilkan kesan vintage didalamnya. Selanjutnya tambahkan beberapa lapisan cat di dinding dan goreslah untuk menciptakan warna yang kontras dari cat sebelumnya.

Untuk mendapatkan dinding parquet yang cantik, Anda bisa menerapkan beberapa langkah di atas supaya hasilnya memuaskan. Namun sebelum itu jangan lupa melakukan uji coba dulu ke dalam sebuah papan kayu supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan cara ini maka parquet dinding di rumah Anda akan terlihat sempurna.

Keword:

Deskripsi:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *